Posted by: Indonesian Children | June 25, 2009

2.000 Anak SD Terjerat Narkoba

 

sumber : http://www.makassarkota.go.id/

 

Sanur, Badan Narkotika Nasional meminta perhatian serius kalangan ibu rumah tangga atas bahaya peredaran narkoba. Seiring meningkatnya jumlah kasus narkoba hingga tujuh kali lipat secara nasional, tercatat sekitar 2.000 anak usia sekolah dasar menjadi korban langsung peredaran narkoba.

Kepala Pelaksana Harian Badan Narkotika Nasional (BNN) Komisaris Jenderal Gories Mere mengemukakan itu dalam pembukaan Kongres XVIII Wanita Katolik Republik Indonesia (WKRI) di Sanur, Bali, Selasa (18/11). Gories diundang sebagai pembicara tamu dalam acara yang diikuti lebih dari 500 wanita Katolik perwakilan daerah di seluruh Indonesia itu.

Gories menyatakan, dalam lima tahun ini jumlah kasus narkoba meningkat dari 3.600 kasus menjadi 17.000 kasus. Dengan jumlah itu, angka kematian akibat narkoba mencapai 15.000 orang setiap tahun atau 40 orang per hari. Akibat peningkatan kasus tersebut, jumlah tersangka kasus narkoba juga meningkat enam kali lipat, 31.655 orang. Padahal, lima tahun lalu jumlahnya hanya 4.624 tersangka.
Sebanyak 2.000 orang yang terjerat kasus narkoba masih dalam usia pendidikan dasar dan sekitar 15.000 lainnya duduk di bangku SMP-SMA. ”Kondisi ini harus menjadi perhatian serius semua orangtua. BNN ingin mengajak kalangan ibu rumah tangga di seluruh Tanah Air untuk menjadi ujung tombak perang terhadap narkoba. Kaum ibu adalah orang yang paling dekat dengan anak-anak mereka. Kasih sayang dan perhatian tulus dapat membantu mereka tidak mudah tergiur pada narkoba,” kata Gories.

Sementara itu, Selasa pagi, 60 napi dari LP Cipinang, Jakarta, ditempatkan di sejumlah LP di Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah. Sejak Juni 2007 hingga November 2008, setidaknya sudah 360 napi dari sejumlah daerah di Indonesia dipindahkan ke Nusakambangan. Sebagian besar napi yang dipindahkan adalah narapidana kasus narkoba.

Menurut petugas Kesatuan Pengamanan LP Cipinang, Arie Prasongko, semua narapidana yang dipindahkan kemarin terlibat kasus narkoba

 

 

Provided by
SAVE  INDONESIAN CHILDREN’S

Yudhasmara Foundation

JL TAMAN BENDUNGAN ASAHAN 5 JAKARTA PUSAT, JAKARTA INDONESIA 10210

PHONE : (021) 70081995 – 5703646

email : judarwanto@gmail.com 

https://saveindonesianchildren.wordpress.com/

 

 

Clinical and Editor in Chief :

DR WIDODO JUDARWANTO 

email : judarwanto@gmail.com,

 

 

 

 

Copyright © 2009, Save The Children  Indonesia  Network  Information Education Network. All rights reserved.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: