Posted by: Indonesian Children | September 9, 2009

KELAHIRAN DI HARI 999, BENARKAH ISTIMEWA ?

Tanggal 9 bulan 9 tahun 09 atau 999 adalah  fenomena sangat menarik bagi kehidupan manusia. Tak terkecuali di berbagai rumah sakit ibu dan anak khususnya tempat kamar operasi. Diberbagai rumah sakit tersebut saat itu akan kewalahan akibat peningkatan jumlah persalinan melalui operasi caesaria. Sebuah rumah sakit ibu dan anak ternama di Jakarta, bahkan mungkin mencapai rekor terbesar dalam tindakan operasi ceaseria dalam satu hari selama rumah sakit tersebut berdiri. Demikian juga sangat mungkin hal ini juga terjadi diberbagai rumah sakit. Tampaknya hampir seluruhnya penetapan tanggal dan tindakan operasi tersebut karena permintaan orangtua bukan karena indikasi medis.

Fenomena langka ini terjadi semata karena saat 999 dianggap sebuah hari yang sangat langka dan khusus bagi sebagian orang yang meyakini fengsui. Hari itu dianggap hari yang sangat sempurna bagi peritiwa dan kejadian yang ada. Tidak terlepas dari fenomena tersebut, kelahiran seorang manusia termasuk dianggap manusia sempurna bila tanggal lahirnya adalah hari dan tanggal yang baik.

FENOMENA ANGKA 999

Feng Shui (orang Indonesia sering mengucapkan ‘Hong Shui’ adalah warisan dan tradisi orang Tionghoa. Feng shui sangat diterima dan menjadi begitu populer di berbagai belahan dunia ini di tengah peradaban modern. Menurut ilmu peradaban kuno tersebut pola perputaran bumi tersebut identik dengan pendapat bahwa alam terdiri atas sejumlah besar getaran gelombang liar yang memberikan pengaruh berbeda bagi setiap individu. Alam raya seakan instrumen musik raksasa yang terus menggetarkan dawainya dan menyuarakan nada yang berbeda, yaitu angka 1 – 9 yang merupakan not dasar. Pengaruh energi di udara bebas yang dihasilkannya akan memberikan akibat yang berbeda pada setiap orang, tempat, atau benda. Faktor lain yang mendorong lahirnya numerologi adalah begitu banyaknya unsur yang saling berlawanan di dunia ini. Sejak dahulu diturunkan dari nenek moyang manusia, angka 9 dijadikan sebagai angka yang keramat. Dalam beberapa kepercayaan masyarakat kuno, angka sembilan dipercaya sebagai angka keberuntungan, angka sempurna dan angka yang paling istimewa. Sementara kebudayaan lain ada pula yang mempercayainya sebagai hari kesialan.

Dalam perhitungan matematikapun terjadi fenomena yang istimewa. Berapapun angka, jika dikali dengan angka 9, maka penjumlahannya akan menghasilkan angka 9 juga. Keistimewaan eunikan dan keistimewaan yang dimiliki oleh angka 9 tersebut, seperti contoh dalam operasi perkalian dan penjumlahan, sebagai berikut :1 x 9 = 09 ==> 0 + 9 = 9, 2 x 9 = 18 ==> 1 + 8 = 9, dan seterusnya. Keunikan lainnya karena hasil dari perkalian diatas angka depannya (puluhannya) berurutan dari atas hingga ke bawah, dan begitu juga sebaliknya angka satuannya berurutan dari bawah hingga ke atas, dan keistimewaannya lagi jika hasil perkalian tersebut (angka puluhan dan angka satuannya) dijumlahkan maka akan menghasilkan nilai 9.

Keunikan lainnya adalah, jika sembilan atau kelipatan sembilan dikalikan dengan angka 12.345.679, maka hasilnya adalah 999.999.999. keunikanlainnya angka 9 jika dikalikan dengan angka berapapun, maka hasil perkaliannya kalau dijumlahkan akan sama dengan 9. Contoh, ambil saja angka acak sebagai berikut : Misalnya :9 x 2.568 = 23.112 ==> 2 + 3 + 1 + 1 + 2= 9atau angka lainnya :9 x 7.210.813 = 64.897.317 ==> 6 + 4 + 8 + 9 + 7 + 3 + 1 + 7 = 45 = 4 + 5 = 9

Angka 9 juga berkaitan dengan Walisongo penyebar agama Islam di tanah jawa berjumlah 9 orang. Asmaul Husna atau nama-nama yang baik bagi Allah juga berjumlah 99 buah nama. Hal lain adalah angka 999 merupakan kebalikan angka 666. Padahal angka 666 dipercaya orang  sebagai satanic number. Ada keunikan lain, yaitu korban kecelakaan pesawat Hercules di Magetan, Jawa Timur, berjumlah 101 jiwa, yaitu dua penduduk setempat dan 99 penumpang pesawat. Terakhir, teror bom di Hotel JW Marriott dan Ritz-Carlton meledak 9 hari pasca pilpres. Korban tewasnya pun 9 orang.

Dalam sejarah kekaisaran China, angka sembilan menjadi keistimewaan yang muncul di berbagai ornamen arsitektur dan pakaian kerajaan. Contohnya, patung naga yang terpajang di setiap sudut kekaisaran meliukkan tubuh membentuk angka sembilan. Bahkan, konon kompleks wilayah kekaisaran yang dikenal dengan sebutan Forbidden City atau Kota Terlarang di Beijing memiliki 9.999 ruangan      

Di manca Negara dilaporkan banyak pasangan calon pengantin yang sengaja menikah pada hari ini. Alasannya bermacam-macam, ada yang mengharap keberkahan dan ada pula yang sengaja merayakan kehadiran angka istimewa pada kalender tahunan.

Di Florida, setidaknya ada satu wilayah di daerah tersebut yang menawarkan paket pernikahan istimewa seharga USD99,99. Sementara itu dalam dunia gadget dan teknologi, jenis iPod terbaru dari perusahaan teknologi Apple diluncurkan hari ini. Pencipta iPod menggeser hari perilisan produk yang biasanya mereka lakukan hari Selasa menjadi Rabu, demi mendapatkan momen spesial dari angka 9/9/2009.

Fenomena alamiah menakjubkan juga terjadi bila melihat kedekatan histori angka 9 dengan kesuksesan SBY. Pemimpin nomer wahid negeri inipun, tak terlepas dari angka ajaib ini. SBY terlahir secara alamiah atau tanpa operasi tepat tanggal 9 bulan 9 tahun 1949. Bahkan waktu karier SBY mencapai puncaknya, diusung oleh partai demokrat dengan nomor urut 9 saat dilakukan undian oleh KPU. Entah disengaja atau tidakpendiri partaidemokratpun terdiri dari 9 orang.

Tutut Suharto melalui yayasannya juga meresmikan mesjid  yang dibangun sejumlah 9999 tepat tanggal 9 bulan 9 tahun 2009. Fakta yang menarik lainnya adalah kesuksesan Dji Sam Soe, sehingga rokok yang memiliki kemasan berlogo jajaran angka 234 mampu menjadi salah satu idola perokok, karena pendirinya meyakini jumlah2+3+4 adalah juga 9.

Berbagai fenomena menarik inilah yang menjadikan manusia secara tidak disadari sangat mengagungkan angka 9. Apapun peristiwa dan kebendaan yang dimiliki manusia angka lebih istimewa. Rumah no 9 akan mempunyai harga yang lebih tinggi. Plat nomor mobil menjadi favorit di setiap kota di Indonesia adalah angka 999. Bahkan mungkin saja kalau ada perempuan dengan tinggi 99 cm atau wanita berjerawat 9 biji di wajahnya mungkin saja saja akan menjadi buruan para lelaki pengagung angka 9.

 

 

BERNARKAH ANGKA ISTIMEWA

            Suatu fenomena di alam ini yang tidak dapat diukur secara ilmiah memang sesuatu hal sulit dibuktikan kebenarannya. Meski demikian keyakinan tidak logis dalam kemajuan peradaban modern inipun masih sulit dilepaskan dari kehidupan manusia. Bukan hanya tidak terpengaruh oleh peradaban modern, bahkan ajaran berbagai agamapun sulit untuk menghapuskan keyakinan ini.

            Berbagai fenomena unik yang telah terjadi atau baru diyakini oleh sebagian manusia ini cukup menarik untuk dicermati dalam segi agama, budaya dan psikososial. Dalam ajaran berbagai agamapun, secara umum telah diyakini bahwa kehidupan manusia sangat ditentukan oleh ijin sang pencipta atas niat dan usaha manusia itu sendiri.  Budaya modernpun nantinya akan didominasi oleh akal sehat dan berdasarkan pemikiran ilmiah. Suatu keyakinan akan dilatarbelakangi dengan logika berdasarkan parameter ilmiah yang terukur. Tetapi tampaknya nilai-nilai agama yang luhur dan pemikiran modern yang ilmiah tak akan mampu menghapus keyakinan terhadap angka 9.

Bila dilihat dari segi psikososial mungin saja keyakinan ini bisa saja berdampak positif. Dengan keyakinan yang besar terhadap label angka 9 pada semua alat kehidupan atau tubuh manusia akan menjadikan suatu motivasi yang dahsyat. Dorongan magis dan psikologis dari keyakinan itu tampaknya akan menambah tenaga ekstra dalam kerja dan usaha manusia dalam bersosialisasi, berkarya dan mencari penghasilan untuk memenuhi kehidupannya.

Bila dilihat dari pertimbangan psikososial maka keyakinan tersebut adalah suatu hal positif bagi manusia. Tetapi bila dikaitkan dengan ajaran luhur agama dan logika orang modern apakah keyakinan tersebut apakah merupakan langkah mundur bagi manusia ? Bila keyakinan itu bertentangan dengan ajaran agama dan merupakan larangan dalam kehidupan beragama maka akan merupakan kontraproduktif. Tetapi nyatanya, keyakinan tersebut secara pasti tak akan lekang oleh logika modern di peradaban manusia. Tampaknya keyakinan supranatural tersebut dapat menyatu dengan keyakinan agama dan pemikiran rasional manusia modern. Dengan berbagai keyakinan terhadap angka 9 maka kelahiran pada hari 999 adalah kelahiran istimewa bagian sebagian orang. Tetapi bagi orang lainnya kelahiran 999, hanya agar mudah diingat.

 

Supported  by
CLINIC FOR CHILDREN 

Yudhasmara Foundation

JL Taman Bendungan Asahan 5 Jakarta Indonesia 102010

phone : 62(021) 70081995 – 5703646

http://childrenclinic.wordpress.com/

 

 

Clinical and Editor in Chief :

DR WIDODO JUDARWANTO

email : judarwanto@gmail.com

 

 

 

 

 

                                                                                                            

Information on this web site is provided for informational purposes only and is not a substitute for professional medical advice. You should not use the information on this web site for diagnosing or treating a medical or health condition. You should carefully read all product packaging. If you have or suspect you have a medical problem, promptly contact your professional healthcare provider.

Copyright © 2009, Clinic For Children Information Education Network. All rights reserved.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: