Posted by: Indonesian Children | November 11, 2009

Bullying atau kekerasan pada anak di SMA 82 : siswa dihajar 30 kakak kelas, didiamkan polisi

Polisi hingga kini belum menetapkan tersangka pada kasus bullying yang menimpa Ade Fauzan Mahfuza, siswa kelas I SMAN 82, Jakarta Selatan. Tak hanya itu, meski korban harus mendapatkan perawatan intensif di RS Pusat Pertamina karena trauma dan luka fisik yang dideritanya, polisi juga belum melakukan pemeriksaan kepada para pelaku.

“Kami belum memeriksa. Belum bisa dipastikan kapan waktunya. Nanti akan kami berikan keterangannya setelah pemeriksaan dilakukan,”ujar Kapolsek Kebayoran Baru Kompol Suhandana, Senin (9/11).

Peristiwa tersebut bermula pada Selasa pagi, 3 November 2009, saat Ade melintasi lorong tempat pada senior berkumpul atau yang biasa disebut “Jalur Gaza” untuk mengambil buku yang tertinggal di ruang ujian. Merasa tidak senang dengan tindakan tersebut, sekitar tujuh siswa kelas III mendatangi Ade dan melakukan pemukulan dan penamparan.

Tindak kekerasan tak hanya sampai di situ, seusai jam sekolah, Ade kembali dianiaya oleh sekitar 30 siswa kelas III di sebuah taman di dekat sekolah. Tubuhnya kembali dihujani pukulan, telinganya dilumuri gel, dan kepalanya ditaburi abu rokok. Dalam kondisi tak sadar, Ade kemudian dilarikan ke RSPP oleh teman seangkatannya.

Menanggapi pernyataan tersebut, Ketua Komnas Perlindungan Anak Seto Mulyadi mengatakan, prinsipnya di dalam UU Perlindungan Anak, pelajar wajib dilindungi dari tindak kekerasan di lingkungan sekolah, baik yang dilakukan oleh guru maupun teman-teman sekolahnya. “Kepala sekolah dan guru harus bertanggung jawab. Polisi juga harus segera bertindak,” kata Seto.

Menurutnya, tidak ada jaminan bebas bullying pada sekolah favorit. Menurut Komnas Perlindungan Anak, banyak laporan bullying yang berasal dari sekolah favorit. Para korbannya selalu takut memberitahukan kejadian sebenarnya karena mendapat ancaman. “Dinas Pendidikan juga harus menyelidiki kasus-kasus bullying yang terjadi,” katanya.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: