Posted by: Indonesian Children | May 7, 2010

Kasus Kekerasan Anak di Bali Meningkat

Kasus Kekerasan Anak di Bali Meningkat

Kasus kekerasan terhadap anak yang terjadi di Bali mengalami peningkatan. Data ini tercatat oleh Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Bali.

Disampaikan Ketua KPAID Bali, Anak Agung Sri Wahyuni, jumlah kasus anak meningkat dari tahun sebelumnya baik itu yang berkaitan dengan kekerasan fisik maupun seksual. Selama tahun 2009 tercatat ada 132 anak.

“Kasus kekerasan seksual di Bali mencapai 46 kasus, yang enam diantaranya terjadi di wilayah Denpasar,” kata Wahyuni, Sabtu, 20 Februari 2010.

Di tahun 2008 saja, untuk kasus kekerasan fisik di kalangan anak-anak sebanyak 25 kasus yang empat kasus adalah tergolong kekerasan seksual.

Namun jumlah ini di tahun 2010 baru berjalan dua bulan saja ada tiga kasus yang masuk dan sudah dalam penanganan pihak kepolisian. “Untuk menyikapi tren ini maka dari keluarga terutama para orangtua dapat menjadi pengawas yang utama. Sekolah hanya lembaga pendidikan yang sifatnya sebagai penambah pengetahuan dan mengingatkan saja,” terangnya.

Kasus kekerasan menimpa anak ini juga terus berkembang, apalagi dengan majunya sistem komunikasi dalam jejaring sosial yang menurutnya harus diwaspadai. “Sudah banyak yang menjadi korban akibat facebook, khususnya anak-anak di bawah umur. Orangtua jangan sampai lengah,” pesan dia.

Audi Yudhasmara

KORAN ANAK INDONESIA, Yudhasmara Publisher

Jl Taman Bendungan Asahan 5 Jakarta PusatPhone : (021) 70081995 – 5703646

email : judarwanto@gmail.com

http://korananakindonesia.wordpress.com/

Copyright © 2010, Koran Anak Indonesia  Network  Information Education Network. All rights reserved


Leave a comment

Categories